Keynote Speech di Simposium UN DESA, Kemendes PDTT Tegaskan Komitmen Indonesia untuk Pencapaian SDGS 2030

Keynote Speech di Simposium UN DESA, Kemendes PDTT Tegaskan Komitmen Indonesia untuk Pencapaian SDGS 2030
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi

INCHEON - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi menghadiri sekaligus menjadi keynote speech dalam High Level Session Symposium on “Leveraging Public Governance to Accelerate the Achievement of the Sustainable Development Goals - Transformation, Innovation & Inclusion” yang digelar oleh United Nations Department of Economic and Social Affairs (UN DESA) di Incheon, Korea Selatan pada Rabu (20/11).

Dalam pemaparannya, Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Pencapaian SDGs tersebut dapat dilihat dari telah disusunnya Roadmap SDGs Indonesia dan pengarusutamaan agenda-agenda 2030 dalam Rencana Pemnbangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014 - 2019.

“Selain itu, Indonesia juga termasuk salah satu dari sejumlah negara yang telah melakukan Voluntary National Review, di mana laporan evaluasinya telah diterbitkan secara berkelanjutan, ” kata Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi.

Lebih lanjut, Anwar menyampaikan bahwa salah satu wujud nyata komitmen tersebut adalah dengan dibentuknya Kemendes PDTT untuk memastikan terlaksananya pembangunan perdesaan sebagai salah satu fokus pembangunan nasional saat ini.

“Misalnya bagaimana Dana Desa dan Program Padat Karya Tunai Perdesaan telah berkontribusi dalam penurunan angka kemiskinan nasional, hingga mencapai satu digit, di angka 9, 14% pada 2019, serta penurunan angka pengangguran di perdesaan menjadi 1, 21%, ” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang diadakan UN DESA ini, Anwar tidak hanya menyampaikan dalam High Level Session. Tapi turut juga menjadi salah satu pembicara pada Plenary Session IV - Inclusive Governance and Leaving No One Behind to Accelerate SDG Implementation simposium.

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah kumpulan 17 tujuan pembangunan global, yang dirancang dalam blueprint atau rancangan yang telah dirumuskan yang tujuannya bagi pencapaian masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang, dan disepakati oleh para pemimpin dunia pada 25 September 2015 di Markas Besar PBB di New York.

Dalam High Level Session symposium UN DESA, Anwar Sanusi didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT Aisyah Gamawati. Turut hadir dalam symposium ini yakni official remarks dari Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Korea Chin Young, Wakil Sekjen PBB untuk Urusan Sosial Ekonomi Liu Zhenmin, serta welcome remarks dari Walikota Incheon Metropolitan City, Park Namchoon dan special address dari mantan Sekjen PBB, Ban Ki-moon.(***)

KEMENDES SDGs
WARTADESA.CO.ID

WARTADESA.CO.ID

Previous Article

Hadiri HUT ke-20, Mendes PDTT Abdul Halim...

Next Article

Aplikasi Smart Desa Resmi Diluncurkan

Related Posts

Peringkat

Profle

Agung Libas verified

Sopiyan hadi

Sopiyan hadi

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 9

Registered: Apr 8, 2021

Nuryadi

Nuryadi

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 8

Registered: Apr 10, 2021

Feri

Feri

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Apr 7, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 4

Registered: Apr 7, 2021

Profle

Narsono son

Ganjar Jadi Mandor, Keliling Borobudur Cek Proyek Langsung Tangani Masalah
Pemdes Karanggintung Cilacap Saluran BLT-DD  Tahun 2021 Tahap Dua
Akibat Angin Kencang Satu Rumah Milik Warga Tertimpa Pohon
Ketua DPC Lembaga Aliansi Indonesia Divisi KGS Kabupaten Tangerang Angkat Bicara Tentang Program Bansos BPNT dan PKH

Follow Us

Recommended Posts

Ada Nilai Historis dan Mistik Saat Aldy Membuat Patung Tokoh Pertama Kabupaten Bogor
Sambut Bulan Suci Ramadan 1442 H, Pemdes Mekar Damai Gelar Do'a Bersama
Diduga Pengusaha Tidak Kantongi Izin, Warga Desa Blukbuk Menolak Usaha Galian Tanah di Kramat Maja
KPM BST Kehilangan Statusnya: Bagai Petir Siang Bolong, Sudah Sakit Tertimpa Tangga
DPRD, APDESI dan Ormas Dukung Forum Komunikasi Lintas Profesi 

Random Posts