Sebut Angka Kemiskinan Turun, Menaker Ida Fauziyah Puji Keterlibatan NU

indonesiasatu, 13 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Bogor - Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah mengemukakan bahwa dalam lima tahun terakhir, pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Dari yang awalnya dua digit turun menjadi satu digit. Hingga September 2019, angka kemiskinan turun menjadi 9,22 persen.

"Ini adalah angka kemiskinan yang terendah sepanjang sejarah bangsa Indonsia," kata Ida saat membuka acara Kemnaker Goes to Campus di Unusia Parung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/2/2020).

Ida mengatakan, setiap periode pemerintahan, persoalan yang dihadapi sama, yakni kemiskinan, ketimpangan sosial, dan pengangguran. Menurutnya,  salah satu penyebab kemiskinan dan ketimpangan sosial adalah kemiskinan atau ketimpangan keterampilan, sehingga membuat pendapatan orang rendah.

"Kenapa miskin? karena pendapatannya rendah, kenapa miskin? karena pekerjaannya tidak berkualitas, kenapa tidak berkualitas? karena pendidikanya rendah, karena skill yang tidak dimiliki," ucapnya.

Oleh karena itulah, katanya, pemerintahan Jokowi pada periode kedua ini menjadikan sumber daya manusia sebagai prioritas dan bekerja keras memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

"Tujuan utamanya adalah Indonesia memiliki sumber daya manudia yang terampil dan berkualitas, yang kalau dihubung-hubungkan berarti keinginan kita untuk menekan kemiskinan itu bisa kita lakukan dengan cara pendidikan dan vokasi dilakukan secara masif dan merata dari Sabang sampai Merauke," terangnya.

Pada kesempatan itu, ia juga sempat memuji kiprah Nahdlatul Ulama yang dinilai telah membantu meringankan tugas pemerintah. NU melalui lembaga pendidikan dan pesantrennya menjadi bagian penting dalam membangun bangsa.

"Saya kira tahu, bangsa Indonsia tau bahwa NU telah melakukan kerja-kerja luar biasa. NU giat menggalakkan pendidikan (dari Raudlatul Athfal) sampai perguruan tinggi. Jadi tugas negara semakin ringan karena ada NU di dalamnya," ucapnya.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu