#Home


Mengenang Syekh Ibrahim Al-khalidi, Guru Besar Tarekat Naqsyabandiyah

syafrianto, 22 Jul 2019,

PASAMAN -- Mengenang ke 108 wafatnya, Maulana Syekh Ibrahim Al-khalidi Kumpulan atau lebih dikenal dengan sebutan “Inyiak Balinduang Kumpulan” yaitu sebuah panggilan kepada seseorang yang dituakan di tengah masyarakat, dikenal alim, tawadu, wara dan punya tuah.

Beliau dikenal luas sebagai “Guru Besar” dalam Ilmu Syariat dan Tarekat khususnya Tarekat Naqsyabandiyah yang telah melahirkan ratusan bahkan ribuan ulama besar setelahnya.

Selain itu setiap tahunnya diadakan Tawajjuh Akbar di Masjid Batu (salah satu peninggalan Maulana Syekh Ibrahim) yang dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai penjuru negeri baik itu dari Sumatera Barat maupun dari luar Sumatera Barat seperti Riau, Sumatera Utara, Lampung, Palembang bahkan dari Pulau Jawa.

Makam Maulana Syekh Ibrahim selalu ramai dikunjungi para peziarah untuk menyampaikan Al-Fatihah, membaca Yasin, Tahilan, dan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka ibadah dan mengharap rida serta berkah dari Allah SWT.

Pantauan media, Minggu (21/07/2019), tampak hadir, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin S,Ag, Anggota DPRD Pasaman, Kapolsek Bonjol, Camat Bonjol, Danramil, Walinagari Koto Kaciak, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Ismet Dt. Bagindo Kali mengatakan banyak peristiwa-peristiwa luar biasa yang terjadi pada Maulana Syekh Ibrahim dan itu tidak bisa diserap dan ditangkap oleh panca indera yang zahir sama sekali, misalnya beliau tidak bisa difoto oleh penjajah dan masih banyak peristiwa peristiwa aneh lainnya. Wallahu A’lam

"Makam beliau setiap tahunnya bertambah panjang dan banyak lagi kelebihan lainya," sebut Dt. Bagindo Kali.

Editor: Anto

FB
WA Telegram
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu